Pesan Jack Ma Pendiri Alibaba Untuk Anak Muda Dan Pengusaha



Jack Ma atau Ma Yun lahir di Hangzhou, Provinsi Zhejiang, China pada tanggal 15 oktober 1964. Jack Ma tumbuh di lingkungan penduduk yang sederhana di Hangzhou pada 1980-an.

Pemilik raksasa e commerce Alibaba ini pun membagikan pesan penting pada para anak muda yang ingin sukses.

Sebelum berusia 20 tahun, jadilah murid yang baik dan dapatkan banyak pengalaman.

Sebelum berusia 30 tahun, ikutlah dengan seseorang. Bergabunglah dengan perusahaan kecil. Pada umumnya perusahaan besar adalah tempat yang baik untuk belajar mengenai proses. Anda akan menjadi bagian dari sebuah mesin yang besar. Ketika Anda bergabung dengan perusahaan kecil, Anda akan mempelajari passion, perjuangan meraih mimpi. Anda akan belajar banyak hal pada satu waktu.


Jadi sebelum umur 30 tahun, bukan masalah Di perusahaan mana Anda bekerja, tetapi Siapa yang Anda ikuti. Bos yang baik akan mengajarkan Anda dengan cara yang berbeda.

Saat usia 30 – 40 tahun, Anda perlu berpikir dengan sungguh-sungguh, apakah Anda akan bekerja untuk diri sendiri, jika Anda benar-benar ingin menjadi entrepreneur.

BACA JUGA: Tips Bob Sadino Menjadi Pengusaha Sukses

Pada saat Anda usia 40 – 50, Anda harus melakukan hal-hal yang Anda benar-benar kuasai. Jangan berpindah haluan ke area yang baru, terlalu terlambat. Anda bisa saja menjadi sukses, tetapi persentase kegagalan sangat besar. Jadi ketika Anda berusia 40 dan 50 tahun, pikirkan bidang apa yang harus Anda tekuni dan menjadi fokus Anda.

Tetapi ketika Anda berusia 50 – 60 tahun, pekerjakan orang-orang muda. Orang-orang muda dapat bekerja lebih baik daripada Anda. Jadi investasilah kepada orang-orang muda dan pastikan mereka adalah orang yang tepat dibidangnya.

Ketika Anda berusia lebih dari 60 tahun, habiskan waktu untuk diri Anda. Terlalu terlambat jika Anda ingin berubah.

Jack Ma menganggap pemuda berusia 20 sampai 30 tahun adalah yang paling beruntung karena masih harus banyak belajar. Jangan pula terpaku pada sukses orang lain, tapi pacu diri sendiri dengan membayangkan ingin seperti apa 10 tahun lagi.

BACA JUGA: Inilah 9 Nasehat-nasehat Imam Al Ghazali untuk Orang Kaya

Jack Ma juga menceritakan beragam kegagalannya di masa lalu. Seperti sering diceritakan, ia pernah gagal menjadi karyawan KFC, polisi sampai tak lolos ujian masuk universitas.

Ini adalah pesan Jack Ma, "Seberapapun cerdasnya kamu, kamu akan melakukan kesalahan. Kamu akan belajar dari kesalahan karena kamu tidak bisa menghindarinya. Belajar menghadapinya,"


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Menjaga Keuangan Tetap Sehat: 5 Cara Efektif Mengelola Uang dan Investasi Anda

Mengelola uang dan investasi adalah keterampilan penting yang harus dimiliki oleh setiap orang yang ingin mencapai kebebasan finansial dan k...