Cara Cepat Kaya Yang Diajarkan Nabi Muhammad SAW



Siapa yang tidak ingin jadi kaya di dunia? Dalam kehidupan yang fana ini tidak dapat dipungkiri bahwa hampir semua orang menginginkan harga di dunia untuk dapat terus melanjutkan kehidupan dengan baik. Bahkan dalam ajaran agama Islam pun juga mengajarkan kita menjadi orang kaya, maksudnya yaitu agar kita selaku umat Islam untuk terus berusaha dengan benar agar menghasilkan harta untuk dapat terus menjalankan kehidupannya dengan baik. Memiliki keinginan menjadi kaya tidaklah salah, hanya terkadang cara melakukannya saja yang tidak benar. Sebagai seorang muslim dan muslimah kita sebaiknya menggunakan cara cepat jadi kaya menurut Islam agar dihalalkan oleh Allah SWT. Agar rezeki yang diperoleh merupakan rezeki yang halal maka cara yang dilakukan juga harus sesuai dengan yang dibenarkan dalam agama Islam.

Salah satu cara yang dibenarkan oleh agama Islam untuk cepat kaya adalah dengan cara bekerja keras. Untuk melakukan pekerjaan yang disenangi oleh Islam adalah dengan cara berdagang atau berbisnis. Dalam berdagang kita sebagai pengikut Nabi Muhammad SAW tentu saja harus dalam jalan atau cara yang benar agar mendapatkan keuntungan yang lebih. Salah satu cara berdagang yang baik dan benar

Nabi Muhammad SAW bersabda ”Sesungguhnya sebaik-baik usaha adalah usaha perdagangan “ Hadits ini dengan tegas menyebutkan bahwa profesi terbaik menurut Nabi Muhammad adalah perdagangan.

Ada seseorang bertanya, “Penghasilan apakah yang paling baik, Wahai Rasulullah?” Beliau jawab: “Penghasilan seseorang dari jerih payah tangannya sendiri (pengusaha) dan setiap jual beli yang mabrur (pedagang yang jujur).” [HR. Ahmad di dalam Al-Musnad no.16628]

Nabi Muhamad SAW dan para Sahabat tidak hanya mengajarkan konsep menjadi kaya tapi sudah memberi contoh yang sangat jelas dan detail agar kita cepat kaya dengan cara Islam yaitu dengan berdagang/jadi pengusaha , karena Nabi dan para Sahabatnya adalah pedagang ulung, Sebelum Marketing Modern ada berabad-abad yang lalu Nabi sudah mengajarkan Brand Image, Brand Equty, Customer Satisfaction, Business dengan hati, Green Marketing dan Maketing Innovation.

Beginilah Kaya cara Nabi Muhammad SAW :

a) Tidak boleh menjual barang haram (Business dengan hati)
Dari ‘Amir dari Abdullah bin Nu’man bin Basyir r.a. beliau berkata:” Saya mendengar Rasulallah bersabda,” sesungguhnya yang halal itu jelas dan yang haram jelas. Di antara keduanya terdapat perkara-perkara yang subhat (samara-samar) yang tidak diketahui oleh orang banyak. Maka siapa yang takut terhadap subhat berarti dia telah menyelamatkan agamanya dan kehormatannya. Dan siapa yang terjerumus dalam perkara subhat, maka akan terjerumus dalam perkara yang diharamkan. Sebagaimana penggembala yang menggembala hewan gembalaannya di sekitar (ladang) yang dilarang untuk memasukinya, maka lambat laun dia akan memasukinya. Ketahuilah bahwa setiap raja memiliki larangan dan larangan Allah apa yang Dia haramkan. Ketahuilah bahwa dalam diri ini terdapat segumpal daging, jika dia baik maka baiklah seluruh tubuh ini dan jika dia buruk, maka buruklah seluruh tubuh; ketahuilah bahwa dia adalah hati. (HR al-Bukhari dan Muslim -redaksi lafazh dari al-Bukhari-).

b) Tidak boleh merusak lingkungan (Green Marketing) “Dan janganlah kamu membuat kerusakan di muka bumi, sesudah (Allah) memperbaikinya dan berdoalah kepadaNya……..” Hijr 19, ”Dan kami telah menghamparkan bumi dan menjadikan padanya gunung-gunung dan Kami tumbuhkan padanya segala sesuatu menurut ukuran.”

c) Tidak boleh menipu pembeli dengan barang cacat atau rusak(Customer Satisfaction)
“Barangsiapa menipu (orang lain) maka bukan termasuk golongan kami (umat Islam).” [HR. Muslim I/69 nomor. 45]

d) Tidak boleh mengurangi hak-hak pembeli (Brand Equity/perlindungan konsumen)

e) Tidak boleh cepat patus asa dalam berdagang “ Tidak akan di rubah nasib suatu kaum kalau mereka sendiri tidak berubah” (Marketing Innovation)

f) Brand Nabi Muhamad sendiri di kaum Qurais yang terkenal kejujurannya “AL Amin” adalah Brand Image yang luar bisa kuat untuk modal berbisnis.
Nabi juga mengajarkan kita untuk cepat kaya dengan investasi yang aman dan menguntungkan yaitu Investasi ditanah /rumah ( dikontrakan / dibuat perumahan ) atau emas, sampai sekarangpun ternyata harga tanah/rumah/emas selalu naik.

Di samping melakukan usaha kerja keras melalui berdagang adapun beberapa rahasia kaya menurut Islam yang sangat dianjurkan untuk Anda. Cara ini juga dilakukan oleh rasul kita dalam mencari harta atau kekayaan dengan benar. Beberapa cara atau tips cepat kaya menurut Islam yang diajarkan Nabi agar cepat kaya adalah sebagai berikut:
1.   Melakukan Shalat Sunnah
Selain melakukan shalat fardu atau wajib yang dilakukan sebanyak 5 kali dalam sehari, shalat sunnah juga dianjurkan untuk memudahkan kita dalam mencari rezeki. Salah satunya adalah shalat dhuha yang merupakan shalat dua rakaat yang dilakukan ketika hampir semua orang sedang sibuk bekerja, Anda dapat melakukan shalat ini untuk meminta rezeki halal dan berkah dari Allah SWT.
2.   Selalu Bersyukur
Dengan terus selalu bersyukur dikala keadaan apapun yang dialami, maka Allah SWT akan terus menambahkan nikmat serta rizki kepada kita.
3.   Silaturahmi
Selain memanjangkan umur, silaturahmi juga dapat menambah rezeki kita. Islam mengajarkan umatnya untuk terus bersilaturahmi dengan sesama umat Islam, seperti kerabat atau saudara.
4.   Sedekah
Dalam Islam sedekah merupakan cara yang paling dimuliakan oleh Allah AWT. Karena dengan sedekah itu berarti kita menyisihkan sedikit harta atau pendapatan yang kita miliki untuk orang atau kaum yang masih membutuhkan seperti orang miskin. Di dalam agama Islam, umat yang bersedekah maka niscaya akan dibalas dengan 10x lipatnya. Jadi misalnya dalam matematika jika Anda sedekah uang sebanyak 10 ribu Rupiah maka akan diganti dengan 100 ribu Rupiah.


Nah itulah beberapa cara cepat kaya yang halal yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW juga menurut Islam tentunya. Mari kita teladani cara-cara menurut rasul kita dengan baik, namun tidak lupa untuk selalu berdoa dan bekerja keras misalnya adalah dengan cara berdagang yang merupakan cara yang baik menurut Islam. 

Semoga kita semua bisa menjadi kaya dengan cara yang baik dan sesuai ajaran Islam. Aamiin…


Wallahu A’lam bish Shawab

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Menjaga Keuangan Tetap Sehat: 5 Cara Efektif Mengelola Uang dan Investasi Anda

Mengelola uang dan investasi adalah keterampilan penting yang harus dimiliki oleh setiap orang yang ingin mencapai kebebasan finansial dan k...